GAMBARAN PERAN MENTOR DALAM METODE BIMBINGAN MENTORSHIP YANG DIPERSEPSIKAN OLEH MAHASISWA PRAKTEK PROFESI KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2014

DESWITRI, ANRIANI (2014) GAMBARAN PERAN MENTOR DALAM METODE BIMBINGAN MENTORSHIP YANG DIPERSEPSIKAN OLEH MAHASISWA PRAKTEK PROFESI KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH FAKULTAS KEPERAWATAN UNAND DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (full text)
DESWITRI ANRIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan mentorship dalam proses pembelajaran klinik keperawatan di luar negeri mampu meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik. Pada tahap profesi metode bimbingan Mentorship telah dilakukan khususnya diarea Keperawatan Medikal Bedah sejak tahun 2006. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran peran mentor dalam metode bimbingan mentorship yang dipersepsikan oleh Mahasiswa Praktek Profesi Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan Unand di RSUP Dr. M. Djamil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa praktek profesi keperawatan yang berjumlah 121 orang. Sampel berjumlah 26 orang diambil dengan teknik purposive sampling dimana sampel ditentukan secara acak sederhana. Tempat penelitian ini dilaksanakan di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada bulan April 2014 dilaksanakan setelah 1 – 2 minggu setelah menyelesaikan siklus KMB. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Pada penelitian ini menggunakan analisis univariat yaitu analisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa dari 26 orang mahasiswa memiliki persepsi yang baik sebanyak 14 orang (53,3%) dan 12 orang (46,2%) memiliki persepsi kurang baik terhadap peran mentor dalam metode bimbingan mentorship. Untuk itu diharapkan bagi institusi pendidikan agar lebih mengatur persiapan dan memfasilitasi pembelajaran tahap profesi pertama mahasiswa keperawatan. Selain itu, agar institusi pendidikan lebih mempersiapkan pembimbing yang akan membimbing mahasiswa selama pembelajaran tahap profesi. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti lebih mendalam lagi tentang peran mentor dalam metode bimbingan mentorship. Kata Kunci : Persepsi, peran mentor, metode mentorhsip. DaftarPustaka : 12 (2001– 2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 01 Sep 2016 02:55
Last Modified: 01 Sep 2016 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16309

Actions (login required)

View Item View Item