Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Pada Tahap Pra Bencana (Kesiapsiagaan) Tahun 2009-2012 di Kota Padang

LOURA, RAHMI PUTRI (2013) Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Pada Tahap Pra Bencana (Kesiapsiagaan) Tahun 2009-2012 di Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0461.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi kebijakan penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami pada tahap pra bencana (kesiapsiagaan) tahun 2009-2012 di Kota Padang. Pada saat gempa 30 september 2009 lalu, kota padang belum memilki kesiapsiagaan yang matang, baik dari segi pemerintah maupun masyarakat. Dalam pelaksanaan kebijakan kesiapsiagaan tersebut, peneliti melihat dari poin penting kesiapsiagaan yang tertulis dalam Pasal 35 ayat 2 Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Penanggulangan Bencana. Untuk menjawab inti permasalahan penelitian, peneliti menggunakan teori Implementasi Kebijakan Publik Van Metter dan Van Horn. Kebijakan penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami pada tahap pra bencana (kesiapsiagaan) yang dilakukan oleh Pemko Padang khususnya pada tahun 2009-2012 telah berjalan dengan baik. Namun dalam implementasinya masih banyak kegiatan-kegiatan yang belum sempurna. Hal ini dikarenakan karena minimnya dana untuk kebencanaan. Seperti ketidakmampuan Pemko Padang dalam membangun shelter disebabkan oleh finansial APBD. Begitu juga halnya dengan EWS (Early Warning System) yang error dan belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan, Sedangkan untuk penyediaan logistik sudah dilakukan tetapi belum mencukupi secara keseluruhan. Faktor lainnya yang ikut mempengaruhi adalah implementasi kesiapsiagaan kurang maksimal juga dikarenakan para staf yang terlibat dalam penanganan bencana sering dimutasi yang mengakibatkan pengetahuan dan pelatihan yang telah dilakukan menjadi siasia dan harus diulang lagi dari nol untuk staff yang baru. Kata kunci: Kesiapsiagaan, Implementasi Kebijakan, Gempa Bumi Dan Tsunami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:34
Last Modified: 31 Aug 2016 08:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item