DUKUNGAN POLITIK ZULKIFLI NURDIN KEPADA PASANGAN CALON USMAN ERMULAN-KATAMSO DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT TAHUN 2011

ADHITYA, YUDHA UTAMA (2016) DUKUNGAN POLITIK ZULKIFLI NURDIN KEPADA PASANGAN CALON USMAN ERMULAN-KATAMSO DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT TAHUN 2011. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK1.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi upload word.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Adhitya Yudha Utama (0910833037) Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Padang, 2016. Judul Skripsi : Dukungan Politik Zulkifli Nurdin Kepada Pasangan Usman Ermulan-Katamso Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kab. Tanjung Jabung Barat Tahun 2011. Pembimbing I: Dr. Asrinaldi, S.sos. M.si dan Pembimbing II: Sadri, S.IP, M.Soc.Sc Dinasti politik di Provinsi Jambi melibatkan keluarga Zulkifli Nurdin yang merupakan mantan Gubernur Provinsi Jambi periode 1999 dan berhasil terpilih kembali selama dua periode hingga tahun 2010. Keberhasilan karir politik Zulkifli Nurdin menjadikannya sebagai salah seorang figur publik yang memiliki pengaruh politik yang kuat di Provinsi Jambi. Pengaruh politik dan citra keluarga Zulkifli Nurdin yang kuat dikalangan masyarakat Provinsi Jambi menjadi juru kunci tersendiri bagi keluarga Nurdin untuk memenangkan Pilkada di Provinsi Jambi. Salah satu kemenangan yang fenomenal adalah kemenangan Katamso menjadi Wakil Bupati Kab. Tanjung Jabung Barat. Katamso merupakan ajudan pribadi sekaligus orang terdekat Zulkifli berhasil meraih hati masyarakat Kab. Tanjung Jabung Barat melalui bantuan Zulkifli meskipun Katamso putra asli daerah Kab. Tanjung Jabung Barat. Tanpa berbekal pengalaman politik, Katamso berhasil memenangkan pilkada Kab. Tanjung Jabung Barat pada periode 2011. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada dukungan politik Zulkifli Nurdin kepada pasangan Usman Ermulan – Katamso dalam pemilihan kepala daerah Kab. Tanjung Jabung Barat tahun 2011. Penelitian ini menggunakan teory flower-in cube dan konsep tipologi dinasti politik familisme untuk melihat pengaruh Zulkifli Nurdin di Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan proses pemilihan informan secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Zulkifli Nurdin dalam kemenangan pasangan Usman Ermulan – Katamso. Dukungan tersebut terlihat dari dukungan solidaritas, etnis, hubungan elit politik, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. Zulkifli Nurdin memiliki cukup kekuatan untuk mengendalikan dinamika politik di Provinsi Jambi. Pengaruh politik Zulkifli Nurdin memiliki sifat yang koheren dan mampu merubah arah kebijakan para elit politik, tokoh masyarakat, dan pengusaha di Provinsi Jambi sehingga kemenangan Katamso merupakan bagian dari pengaruh kekuasaan politik Zulkifli Nurdin. Kata Kunci: Pilkada, Dinasti Politik, Zulkifli Nurdin, Provinsi Jambi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 06 Sep 2016 04:09
Last Modified: 06 Sep 2016 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item