PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM MASJID DAN MUSHALLA UNIVERSITAS ANDALAS

Sri, Rahmina (2015) PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM MASJID DAN MUSHALLA UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201511112256th_sri rahmina-1110963003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat. Universitas Andalas memiliki banyak fasilitas umum, terutama masjid atau mushalla. Luasnya Universitas Andalas menyebabkan tamu yang berkunjung dan belum mengenal daerah Universitas Andalas mengalami kesulitan untuk menemukan masjid atau mushalla ketika hendak menunaikan ibadah shalat maupun menghadiri suatu acara di masjid atau mushalla. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibangun aplikasi mobile Geographic Information System (GIS) masjid dan mushalla Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi adalah waterfall. Metode ini terdiri dari proses analisis, desain aplikasi, pengkodean dan pengujian sistem. Aplikasi ini dibangun menggunakan Basic4Android dan bahasa pemrograman PHP untuk mengakses basis data pada server. Basis data yang digunakan adalah PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS. Google Maps digunakan sebagai media visualisasi peta. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode black box test dan menggunakan data masjid dan mushalla Universitas Andalas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kata kunci: Basic4Android, Google Maps, Masjid dan Mushalla, mobile GIS, PostgreSQL/PostGIS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:28
Last Modified: 31 Aug 2016 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item