EVALUASI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAHAN PUSAT (Studi Kasus Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2015 Di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh)

Iffah, Aslama (2016) EVALUASI PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAHAN PUSAT (Studi Kasus Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2015 Di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1.abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2.bab 1.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
3.bab akhir.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4.daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5.skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada pemerintahan pusat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus pada Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang merupakan salah satu Entitas Akuntansi yang berada di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dibawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang merupakan bagian dari pemerintahan pusat. Evaluasi dibatasi pada kesesuaian pelaksanaan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual yang dilaksanakan oleh Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh pada Tahun Anggaran 2015 dengan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait akuntansi akrual yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan sebagai penanggungjawab pengembangan Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (APBA) pada pemerintahan Pusat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data dokumentasi, dan pengumpulan data primer yaitu wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) dengan bagian keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh pada tahun 2015 sudah sangat baik sesuai dengan instrumen penelitian dengan scor nilai 82,78% dengan kriteria sangat baik, meskipun masih terdapat kekurangan dalam hal sumber daya manusia serta belum maksimalnya pelaksanaan revieu atas Laporan Keuangan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi upaya pengembangan Ilmu Pemerintahan, dan berguna juga untuk menjadi referensi bagi mahasiswa yang melakukan kajian terhadap pengembangan Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual (APBA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:36
Last Modified: 31 Aug 2016 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item