DERMATOGLIFI PADA PASIEN SKIZOFRENIA BERDASARKAN RIWAYAT GENETIK DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. HB SAANIN PADANG SUMATERA BARAT

Edwina, Khairat (2015) DERMATOGLIFI PADA PASIEN SKIZOFRENIA BERDASARKAN RIWAYAT GENETIK DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. HB SAANIN PADANG SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201511021228nd_skripsi edwina khairat 1110422004.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai "Dermatoglifi Pasien Skizofrenia Berdasarkaan Riwayat Genetik Di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB Saanin Padang Sumatera Barat" telah dilaksanakan dari bulan Maret-Juni 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola dermatoglifi tangan, jumlah sulur ab dan sudut ATD antara pasien skizofrenia yang memiliki riwayat genetik penyakit skizofrenia dengan pasien yang tidak memiliki riwayat genetik penyakit skizofrenia (non riwayat). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengambilan sampel dengan pertimbangan (Purpossive Sampling). Sampel penelitian sebanyak 160 orang terdiri dari 44 orang pasien skiofrenia dengan riwayat, 66 orang pasien skizofrenia tidak memiliki riwayat dan 50 orang normal tanpa riwayat skizofrenia. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan nyata pada pola sidik jari pasien skizofrenia dengan riwayat dan non riwayat. Perbedaan nyata terdapat pada total sudut ATD yaitu pada pasien skizofrenia dengan riwayat memiliki sudut ATD lebih rendah sebesar 38,4ᵒ dan non riwayat 40,69ᵒ. Kata kunci : dermatoglifi, skizofrenia, riwayat genetik, sudut ATD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:20
Last Modified: 30 Aug 2016 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item