PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINDAKAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK RAUDATUL JANNAH KARANG PUTIAH KABUPATEN SOLOK SELATAN

Ritta, Farma (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINDAKAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK RAUDATUL JANNAH KARANG PUTIAH KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201510301053th_lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku masyarakat tentang memelihara kesehatan gigi masih sangat rendah dan akan menyebabkan banyak penyakit pada gigi dan mulut. Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut harus dipupuk sejak dini, salah satunya dengan menggosok gigi dan usia prasekolah sangat ideal untuk membentuk suatu perilaku. Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan keyakinan sehingga masyarakat tidak hanya tahu cara menggosok gigi namun bisa menerapkan dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tindakan siswa dalam menggosok gigi. Desain penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest-postest design. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif study corelasi (Correlation Study ) dengan pendekatan cross sectinal.Teknik pengambilan sampel dengan total sampling yang terdiri dari 38 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di TK Raudatul Jannah Karang Putiah Kabupaten Solok Selatan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2015. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan tindakan menggosok gigi. terdapat hubungan bermakna antara pendidikan kesehatan terhadap tindakan menggosok gigi pada anak prasekolah dengan nilai p=0,000 dengan uji wilcoxon. Saran yang diberikan agar dapat menjadikan metode demonstrasi sebagai pilihan metode yang efektif dalam memberikan pendidikan kesehatan. Kata kunci : pendidikan kesehatan, menggosok gigi, anak prasekolah Daftar pustaka : 49 (2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:43
Last Modified: 30 Aug 2016 02:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16137

Actions (login required)

View Item View Item