Inhibisi Korosi Baja St.37 dengan Ekstrak Kulit Buah Markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis) dalam Medium Asam Klorida

Sri, Wahyuni (2016) Inhibisi Korosi Baja St.37 dengan Ekstrak Kulit Buah Markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis) dalam Medium Asam Klorida. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstract.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan ekstrak kulit buah markisa ungu (Passiflora edulis var. edulis) sebagai inhibitor korosi baja St.37 dalam medium asam klorida diselidiki dengan metoda kehilangan berat, polarisasi potensiodinamik dan analisis Scanning Electron Microscopy. Efisiensi inhibisi tertinggi adalah 96,3284% (metoda kehilangan berat) dan 86,4665% (polarisasi potensiodinamik. Efisiensi inhibisi naik dengan naiknya konsentrasi ekstrak, tetapi turun dengan meningkatnya suhu. Kurva polarisasi potensiodinamik menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah markisa ungu merupakan inhibitor jenis katodik. Analisis Scanning Electron Microscopy menunjukkan adanya perbedaan permukaan baja antara baja tanpa perlakuan, baja yang direndam dalam asam klorida dan baja yang direndam dengan asam klorida dengan penambahan ekstrak kulit buah markisa ungu. Adsorpsi ekstrak kulit markisa pada permukaan baja sesuai dengan isoterm Langmuir. Kata kunci: Passiflora edulis var. edulis, inhibisi korosi, kehilangan berat, polarisasi potensiodinamik, isoterm Langmuir, Scanning Electron Microscopy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:05
Last Modified: 31 Aug 2016 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16132

Actions (login required)

View Item View Item