ANALISIS DAMPAK KONVERSI LAHAN TERHADAP KETAHANAN PANGAN DAN POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA PETANI (STUDI KASUS : KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG)

WENNI, DEZIKA YUZRI (2013) ANALISIS DAMPAK KONVERSI LAHAN TERHADAP KETAHANAN PANGAN DAN POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA PETANI (STUDI KASUS : KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0451.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak konversi lahan terhadap ketahanan pangan dan pola konsumsi rumah tangga petani. Sampel dari penelitian ini adalah 30 rumah tangga petani di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Metode yang digunakan dalam mendapatkan data adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Lalu melakukan pengolahan data dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin meningkatnya konversi lahan yang terjadi, akan meningkatkan pula pendapatan rumah tangga petani. Semakin tinggi pendapatan rumah tangga petani maka pola konsumsi non-pangan akan lebih besar atau dominan dibanding konsumsi pangan, sedangkan untuk ketahanan pangan rumah tangga petani semakin meningkat dan mencapai tingkat ketahanan pangan yang baik setelah adanya konversi lahan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa konversi lahan berdampak positif terhadap pola konsumsi dan ketahanan pangan rumah tangga petani di Kecamatan Kuranji Kora Padang. Kata kunci : Konversi Lahan, Petani, Pola Konsumsi, Ketahanan Pangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:49
Last Modified: 29 Aug 2016 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item