HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN PELAKSANAAN HAND HYGIENE PADA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG

Via, Kharliasni (2015) HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN PELAKSANAAN HAND HYGIENE PADA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201510300645th_skripsi via kharliasni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Angka kejadian infeksi nosokomial di ruang rawat inap RSI Ibnu Sina Padang tahun 2014 yaitu 3,2%. Sehingga angka kejadian telah melewati standar kejadian infeksi nosokomial berdasarkan KMK No. 129 Tahun 2008 sebesar ≤ 1,5%. Hand hygiene juga merupakan salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan perawat dan pasien dalam pengurangan risiko infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “hubungan supervisi kepala ruangan dengan pelaksanaan hand hygiene pada perawat di ruang rawat Inap RSI Ibnu Sina Padang”. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode pengambilan sampel secara cross sectional. Sampel berjumlah 53 perawat dengan proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat pelaksana mempersepsikan supervisi baik (54.7%), pelaksanaan hand hygiene dilakukan dengan tidak sempurna (58,4%). Berdasarkan hasil uji statistik dengan Chi square diperoleh nilai p=0, 983 (p>0.05) menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara supervisi kepala ruangan dengan pelaksanaan hand hygiene di ruang rawat inap. Saran untuk RSI Ibnu Sina adalah adanya kebijakan ketegasan bagi perawat atau punishment bagi perawat yang tidak melakukan pelaksanaan hand hygiene dengan tidak sempurna. Kata kunci : supervisi, kepala ruangan, hand hygiene Daftar Pustaka : 64(2000-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:03
Last Modified: 29 Aug 2016 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item