GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN PIMPINAN DALAM PELAKSANAAN SERAH TERIMA PASIEN OLEH PERAWAT PELAKSANA DIRUANG RAWAT INAP RSUD dr RASIDIN PADANG TAHUN 2015

Liza, Hadiyati (2015) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN PIMPINAN DALAM PELAKSANAAN SERAH TERIMA PASIEN OLEH PERAWAT PELAKSANA DIRUANG RAWAT INAP RSUD dr RASIDIN PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201510271041th_pdf.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang berkaitan dengan serah terima pasien merupakan keprihatinan internasional, dimana terjadi kesalahan pemberian asuhan keperawatan diantaranya salah informasi tentang pemberian obat yang mengakibatkan alergi dan adanya Kejadian Nyaris Cedera (KNC) yang melibatkan perawat pemula dan diindikasi akibat pelaksanaan serah terima pasien yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tingkat pengetahuan, sikap, dan dukungan pimpinan dalam pelaksanaan serah terima pasien oleh perawat pelaksana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai bulan September 2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD dr. Rasisin Padang dengan sampel sebanyak 27 orang yang memenuhi kriteria. Instrumen yang digunakan berbentuk kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dengan menggunakan sistem komputerisasi. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh responden (51,9%) memiliki tingkat pengetahuan kurang, lebih dari separuh responden (55,6%) memiliki sikap positif, dan lebih dari separuh responden (66,7%) memiliki dukungan pimpinan tinggi terhadap pelaksanaan serah terima pasien. Disarankan bagi rumah sakit sebagai organisasi pelayanan kesehatan untuk lebih meningkatkan pengetahuan, sikap serta mengadakan pelatihan tambahan mengenai tata cara, teknik dan materi serah terima pasien untuk peningkatkan mutu asuhan keperawatan khususnya dalam pelaksanaan serah terima pasien. Kata Kunci : Dukungan pimpinan, pengetahuan, sikap, serah terima pasien Daftar Pustaka : 68 (1992-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:35
Last Modified: 29 Aug 2016 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item