PENGUJIAN KEAKURATAN HASIL ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELING DENGAN TEKNIK BOOTSTRAP UNTUK PEMODELAN LOYALITAS MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA RSUD dr. RASIDIN PADANG

Gusmanely Z, Gusmanely (2015) PENGUJIAN KEAKURATAN HASIL ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELING DENGAN TEKNIK BOOTSTRAP UNTUK PEMODELAN LOYALITAS MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA RSUD dr. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201510211549st_gusmanely.z.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan yaitu dengan memban- gun pelayanan-pelayanan kesehatan yang handal sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan dapat ditinjau dari persepsi kepuasan dan loyalitas masyarakat terhadap kualitas pelayanan. Adapun persepsi mengenai kepuasan dan loyalitas masyarakat ini akan dilakukan di RSUD dr. Rasidin Padang dan akan dikaji mengenai model loyalitas masyarakat yang bero- bat di RSUD ini dengan menggunakan teknik structural equation modeling (SEM). Teknik SEM ini mempunyai kemampuan untuk menerangkan hubungan antara variabel indikator dan variabel laten secara serentak. Untuk data yang digunakan adalah data primer yang langsung diperoleh tanpa melalui perantara informan. Sebanyak 150 sampel yang dilibatkan yaitu masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan di RSUD dr. Rasidin lebih dari dua kali kedatangan atau yang sudah mendapatkan pelayanan rawat inap 24 jam sejak Januari 2014. Hasil penelitian ini diperolah bahwa variabel kual- itas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat, Sedang- kan Kepuasan Masyarakat pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Masyarakat. Oleh karena itu untuk meningkatkan Loyalitas Masyarakat untuk datang berobat ke rumah sakit maka tingkat Kepuasaan dan Kualitas Pelayanan harus ditingkatkan. Berdasarkan indikator kebaikan model, dapat ditunjukkan bahwa model hasil analisis telah menyesuaikan data dengan baik dengan demikian model Loyalitas Masyarakat yang dihasilkan dapat diterima. Selanjutnya dilakukan pengujian keakuratan model Loyalitas Masyarakat yang dihasilkan untuk meyakini bahwa nilai estimasi yang dihasilkan dengan menggunakan teknik SEM sudah benar dan prosedur yang dilakukan sudah tepat. Dalam uji keakuratan model tahapan-tahapannya adalah melakukan pemodelan terhadap kasus model Loyalitas Masyarakat dengan menggunakan teknik simu- lasi bootstrap SEM dan kemudian membandingkan hasil yang diperoleh teknik bootstrap dengan estimasi SEM. Untuk mengetahui kedekatan kedua nilai esti- masi tersebut dengan menggunakan selang kepercayaan bootstrap yaitu dengan melihat nilai estimasi model parameter dengan menggunakan teknik SEM sudah berada di dalam selang kepercayaan bootstrap. Diperoleh semua nilai estimasi parameter model hasil SEM telah berada didalam selang kepercayaan 95% nor- mal bootstrap. Jadi, pendugaan model Loyalitas Masyarakat terhadap layanan kesehatan di RSUD Kota Padang telah menghasilkan nilai yang dapat dipercaya sehingga model dugaan tersebut dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:50
Last Modified: 29 Aug 2016 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item View Item