HUBUNGAN KARATERISTIK MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN DOKTER SPESIALIS DI INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2013

DWI, EKA SEPTIA (2013) HUBUNGAN KARATERISTIK MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN DOKTER SPESIALIS DI INSTALASI RAWAT JALAN DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
CRV0443.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komitmen adalah kunci dalam keberhasilan sebuah organisasi. Komitmen dokter spesialis merupakan salah satu faktor yang penting untuk menghasilkan pelayanan yang bermutu di rumah sakit. Komitmen dokter spesialis di RSUP dr. M. Djamil Padang masih kurang baik. Hal ini dilihat, dari waktu tunggu pasien yang lama. Pasien sulit untuk bertemu dengan dokter penanggung jawab, hanya bisa bertemu dengan dokter residen. Jika pasien ingin bertemu dengan dokter spesialis, pasien harus ke rumah sakit swasta dimana dokter spesialis itu berpraktek. Setelah ditanyakan pada dokter spesialis, hal ini terjadi karena perlengkapan alat medis tidak memadai, ruang periksa tidak mencukupi. Pimpinan kurang memperhatikan hal yang di butuhkan oleh dokter spesialis. Oleh sebab itu saya meneliti hubungan karateristik manajerial dengan komitmen dokter spesialis. Metode penelitian adalah cross sectional pada 43 dokter spesialis di RSUP dr. M Djamil Padang, dengan menggunakan kuesioner terhadap dokter spesialis. Kuesioner penelitian mendata tentang hubungan karakteristik manajerial rumah sakit (kepemimpinan : contoh teladan, peraturan dan kebijakan di rumah sakit: iklim bekerja: fasilitas rumah isakit: kompensasi: jasa pelayanan medis, promosi) dan komitmen dokter spesialis ( bekerja keras, bangga, perasaan memiliki, tercukupi kebutuhan, jaminan kehidupan, pelayanan terhadap pasien). Analisis dilakukan dengan uji chi-square dan uji regresi logistic berganda. Hasil penelitian yang komitmen dokter spesialis dipengaruhi oleh variabel kepemimpinan (p= 0,566), iklim bekerja (0,009 ) dan kompensasi (p=0,095). Dari uji rergresi logistik berganda bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap komitmen dokter spesialis adalah iklim bekerja (p= 0,009). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, faktor-faktor yang berhubungan dengan komitmen dokter spesialis dalam memberikan pelayanan di instalasi rawat jalan RSUP dr. M. Djamil Padang adalah kepemimpinan, iklim kerja dan kompensasi. Faktor yang dominan berhubungan dengan komitmen dokter spesialis dalam memberikan pelayanan di instalasi rawat jalan RSUP dr. M. Djamil Padang adalah iklim bekerja. Saran untuk pimpinan, diharapkan terjun langsung ke lapangan melihat dan memahami persoalan yang ada di lapangan, kompensasi sebaiknya disesuaikan dengan jumlah pasien, jenis tindakan dan jasa medis yang telah disepakati. Kata kunci : Karakteristik Manajerial, Komitmen dan dokter spesialis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:35
Last Modified: 29 Aug 2016 09:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item View Item