STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN MANTAN PENGGUNA NAPZA TENTANG PEMAKAIAN NAPZA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KEL. ANDALAS KEC. PADANG TIMUR PADANG

JUMILIA, LIA (2015) STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN MANTAN PENGGUNA NAPZA TENTANG PEMAKAIAN NAPZA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KEL. ANDALAS KEC. PADANG TIMUR PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201508150530th_tesis jumilia 1321312069 lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Napza bisa merusak fisik, psikis. Napza juga dekat dengan dunia kejahatan dan kekerasan.Napza dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang kecanduan Napza. Penyalahgunaan Napza adalah pemakaian Napza diluar indikasi medik, tidak dengan resep dokter dan pemakaiannya bersifat patologik (menimbulkan kelainan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mantan pengguna Napza tentang pemakaian Napza di Kelurahan Andalas Padang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan design fenomenologi, yang dilakukan pada bulan Februari - Juli tahun 2015. Partisipan penelitian diambil secara Snowball. Partisipan berjumlah 6 orang yang memiliki riwayat penggunaan Napza. Penelitian menghasilkan 11 tema yaitu alasan awal memakai Napza, proses awal merasa terikat untuk memakai Napza, jenis Napza yang digunakan, cara memperoleh Napza, respons fisik memakai Napza, respons psikologis memakai Napza, respon perilaku memakai Napza, refleksi konsekuensi yang dialami, respons orang tua, motivasi keputusan berhenti menggunakan Napza, dan sumber dukungan. Peneliti menyimpulkan pengguna Napza mampu berhenti sendiri dengan motivasi diri sendiri yang kuat serta didukung oleh dukungan dari keluarga, teman terdekat dan dukungan tim kesehatan juga diperlukan membina lingkungan yang sehat seperti membentuk kelompok supportif. Diharapkan perawat puskesmas dapat melakukan pemberdayaan keluarga membentuk kelompok swabantu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 28 Aug 2016 08:40
Last Modified: 28 Aug 2016 08:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16030

Actions (login required)

View Item View Item