PERSEPSI OWNER TERHADAP KOMPETENSI MANAJEMEN KONTRAKTOR JALAN DI SUMATERA BARAT (Studi Kasus : Kontraktor untuk Paket NonKecil yang Bekerjasama dengan Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Permukiman Prov. Sumatera Barat)

EVITA, KARTIKARATU R (2016) PERSEPSI OWNER TERHADAP KOMPETENSI MANAJEMEN KONTRAKTOR JALAN DI SUMATERA BARAT (Studi Kasus : Kontraktor untuk Paket NonKecil yang Bekerjasama dengan Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Permukiman Prov. Sumatera Barat). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201601251906th_persepsi owner terhadap kompetisi manajemen kontraktor jalan di sumatera barat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Dalam menunjang keberhasilan pembangunan infrastruktur, maka diperlukan kerja sama yang baik antara owner, kontraktor dan konsultan yang harus didukung dengan penerapan sistem manajemen proyek. Beberapa penyebab keterlambatan penyelesaian proyek pada Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Permukiman Prov. Sumbar berhubungan dengan penerapan sistem manajemen proyek yang masih rendah, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja manajemen proyek kontraktor jalan untuk paket non kecil di Prov. Sumatera Barat, mengetahui persepsi owner terhadap penyedia jasa konstruksi dan memberikan gambaran mengenai kinerja manajemen proyek yang perlu ditingkatkan kinerjanya oleh kontraktor nonkecil jalan di Prov. Sumatera Barat. Dari penelitian ini teridentifikasi terdapat 9 faktor yang mempengaruhi kompetensi manajemen kontraktor jalan, Melalui metode CSI diketahui nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 69% yang terletak pada rentang nilai antara 65% < CSI ≤ 80%) yaitu level ke IV (Puas) sehingga Owner merasa puas terhadap kompetensi manajemen kontraktor paket nonkecil yang bekerjasama dengan Dinas Prasarana Jalan, Tataruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Barat, Dengan Metode Requirement Satisfacton Analysis yaitu metode kuadran dan gap analysis diketahui terdapat 3 faktor yang menjadi fokus dalam perbaikan yaitu faktor sistem manajemen pelaksanaan jalan, faktor administrasi dan dokumentasi dan faktor sumber daya. Faktor administrasi dan dokumentasi adalah faktor yang memiliki Gap (selisih nilai) kebutuhan dan kepuasan yang paling besar sehingga menjadi faktor yang paling prioritas untuk ditingkatkan kinerjanya karena sangat berpengaruh terhadap kinerja kompetensi manajemen kontraktor jalan untuk paket nonkecil di Provinsi Sumatera Barat. Kata kunci : Manajemen Kontraktor, Customer Satisfaction Index, Requirement Satisfaction Analysis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 08:17
Last Modified: 28 Aug 2016 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item