PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANTER TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) AKIBAT PEMBERIAN BAP DAN KINETIN PADA MEDIA MS + 2,4-D SECARA IN VITRO PESISIR SELATAN PESISIR SELATAN

SETRI, YENI (2015) PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANTER TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) AKIBAT PEMBERIAN BAP DAN KINETIN PADA MEDIA MS + 2,4-D SECARA IN VITRO PESISIR SELATAN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201508141142th_skripsi setri yeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon pertumbuhan dan perkembangan anter tanaman mentimun dalam menginduksi kalus akibat pemberian BAP dan Kinetin pada media MS + 2,4-D. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari tujuh perlakuan dengan masing-masing tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian BAP dan kinetin tidak meningkatkan persentase hidup eksplan sedangkan media MS + 2,4-D yang digunakan mampu mendukung persentase hidup eksplan secara maksimal. Kalus terbentuk pada umur tiga minggu setelah tanam. Persentase anter membentuk kalus mencapai 93,33% pada perlakuan BAP konsentrasi 0,5 µM dan 1,5 µM. Pada umumnya kalus berwarna kuning dan putih kekuningan dengan tekstur kompak. Volume dan diameter kalus terbaik didapatkan pada perlakuan BAP pada konsentrasi 1,5 µM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 28 Aug 2016 08:18
Last Modified: 28 Aug 2016 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16023

Actions (login required)

View Item View Item