HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT ISPA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG

RIZKA, FUJI UTAMA (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT ISPA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601251126th_skripsi fuji full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)

Abstract

Infeksi saluran nafas akut (ISPA) merupakan salah satu masalah kesehatan terberat yang dialami oleh balita. Pencegahan ISPA merupakan suatu upya agar balita tidak terserang ISPA saat ini di dunia Penelitian ini bertujuan Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita dengan Upaya Pencegahan Penyakit ISPA di Puskesmas Andalas Tahun 2015. Waktu penitlitian dilakukan Agustus – Januari 2016. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional, yang dilaksanakan diwilayah kerja Puskesmas Andalas Padang. Sampel penelitian berjumlah 154 orang yang diambil sesuai data inklusi dengan teknik purposive sampling menggunakan kuisoner Pengetahuan dan sikap sebagai instrumen penelitian. Analisa bivariat dilakukan dengan uji Chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara Pengetahuan dan Sikap dengan upaya pencegahan ISPA (p=0,000). Diharapkan kepada ibu balita untuk lebih menggali lagi informasi tentang ISPA baik dari rajinnya mengikuti penyuluhan, dari media sosial, koran dan lain sebagainya. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Upaya Pencegahan. Daftar pustaka : 36 (2003-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 07:58
Last Modified: 28 Aug 2016 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item