ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU TINGKAT KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK-BASED BANK RATING (RBBR)(Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia dan PT. Bank Syariah Mandiri periode 2010-2014)

RESTI, AMELIANI (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU TINGKAT KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK-BASED BANK RATING (RBBR)(Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia dan PT. Bank Syariah Mandiri periode 2010-2014). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601242215th_skripsiku.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor penentu tingkat kesehatan PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) periode 2010-2014 dengan menggunakan metode Risk-Based Bank Rating (RBBR). Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Metoda pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi dokumenter. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis rasio RBBR yang terdiri dari Risk Profile, Good Corporate Governance (GCG), Earnings, dan Capital. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) BMI memiliki tingkat konsentrasi risiko kredit sama besar antara pembiayaan akad utang piutang dan pembiayaan akad bagi hasil, sedangkan BSM memiliki tingkat konsentrasi risiko kredit lebih besar pada pembiayaan akad utang piutang. (2) BMI memiliki tingkat konsentrasi risiko investasi lebih besar daripada BSM. (3) Nilai komposit GCG BMI lebih baik daripada BSM. (4) BSM lebih baik dalam rasio ROA daripada BMI. Kata Kunci: Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah, RBBR, Risk Profile, GCG, Earnings, Capital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 07:53
Last Modified: 28 Aug 2016 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16015

Actions (login required)

View Item View Item