PENGARUH TERAPI BERMAIN DENGAN TEKNIK “ROLE PLAY” TERHADAP SKOR STRESS HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD SOLOK

DESMAWATI, DESMAWATI (2016) PENGARUH TERAPI BERMAIN DENGAN TEKNIK “ROLE PLAY” TERHADAP SKOR STRESS HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601231409rd_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Hospitalisasi menyebabkan anak menjadi stress reaksi yang ditunjukan pada saat dilakukan studi pendahuluan di RSUD solok anak menangis dan menjerit ketika perawat melakukan tindakan. Salah satu intervensi keperawatan dalam mengatasi dampak hospitalisasi (rawat inap) pada anak adalah dengan memberikan terapi (aktifitas) bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain dengan teknik role play terhadap skor stress hospitalisasi pada anak usia prasekolah di ruang rawat inap anak RSUD Solok tahun 2015. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan pendekatan “pre test – post test design”. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 16 orang anak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi stres hospitalisasi, di ukur sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor stres sebelum intervensi 11,13 dengan standar deviasi 2,125 dan skor sesudah intervensi 9,13 dengan standar deviasi 1,708, beda rerata skor stres sebelum dan sesudah intervensi 2. Setelah dilakukan uji statistik lebih lanjut didapatkan nilai p value<0,05 (p Value 0,000) yang berarti ada perbedaan skor stress hospitalisasi secara signifikan pada anak usia prasekolah antara sebelum dan sesudah intervensi diberikan terapi bermain dengan tehnik role pley di ruang rawat inap anak RSUD Solok tahun 2015. Perawat dapat menggunakan terapi bermain dengan teknik role play sebagai alternatif dalam menurunkan stress pada pasien anak yang mengalami hospitalisasi dengan membuat jadwal tetap pelaksanaan terapi bermain di ruang rawat anak. Kata Kunci : Terapi Bermain, Stress, Anak Usia Prasekolah, Hospitalisasi Daftar Pustaka : 21 (2004 – 2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 07:50
Last Modified: 28 Aug 2016 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16013

Actions (login required)

View Item View Item