ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN DI KOTA PADANG

PUJI, PRATITA FADILA (2015) ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201504010800st_skripsi puji pratitta fadila 1010533030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

Dalam hal memenuhi kebutuhan dana yang memadai guna melaksanakan pembangunan nasional, pemerintah mempunyai sumber-sumber penerimaan yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri. Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), pajak merupakan salah satu penerimaan non migas yang sangat berperan dalam usaha melaksanakan pembangunan nasional, dimana sektor ini relatif dapat mengikuti keadaan perekonomian serta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya. Salah satu wujud dari perhatian pemerintah dalam hal pajak ini adalah dengan diberlakukannya Otonomi Daerah (OTODA) pada tahun 2001, yang berlaku efektif mulai Januari 2002. Hal di atas diperkuat lagi dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Salah satu jenis pajak daerah yang dipungut oleh pemerintah kabupaten/kota adalah Pajak Restoran. Pajak Restoran adalah pajak yang dipungut berdasarkan pelayanan yang diberikan oleh restoran. Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) sejauh ini baru dapat mensosialisasikan objek Pajak Restoran yang baru ini hanya sebatas pada instansi/lembaga di lingkungan pemerintahan saja, sedangkan untuk masyarakat umum, sosialisasi masih terus ditingkatkan. Hasil penelitian dan analisa yang dilakukan, maka dapat diperoleh kesimpulan tingkat efesiensi pemungutan Pajak Restoran di Kota Padang dari tahun ke tahun adanya peningkatan efisiensi pemungutan Pajak Restoran dengan rata-rata tingkat efisiensi sebesar 19,14% yang berarti sangat efektif. Sedangkan untuk tingkat efektivitas pemungutan Pajak Restoran Tingkat di Kota Padang tahun 2009-2013 berfluktuatif, namun selalu mencapai target, dengan rata-rata tingkat efektivitas selama 5 tahun yaitu 107,44% yang menggambarkan tingkat efektivitas yang sangat efektif kecuali pada tahun 2009 bisa dikatakan cukup efektif. Kata Kunci: Efisiensi, Efektivitas, Pemungutan Pajak, Pajak Restoran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Ms Meldiany Ramadhona
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:04
Last Modified: 18 Feb 2016 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item