GAMBARAN JUMLAH TROMBOSIT BERDASARKAN BERAT RINGANNYA PENYAKIT PADA PASIEN SIROSIS HATI DENGAN PERDARAHAN DI RSUP DR M DJAMIL PADANG

FADHILAH, AL HIJJAH (2015) GAMBARAN JUMLAH TROMBOSIT BERDASARKAN BERAT RINGANNYA PENYAKIT PADA PASIEN SIROSIS HATI DENGAN PERDARAHAN DI RSUP DR M DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201601111354th_skripsi fix.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sirosis hati adalah penyakit hati kronik yang ditandai dengan perubahan struktur hati normal dan pembentukan nodul degeneratif yang mengarah pada penyakit hati stadium akhir. Komplikasi tersering pada pasien sirosis hati adalah perdarahan yang dapat disebabkan oleh penghancuran sel-sel darah berlebihan sehingga berakibat terhadap penurunan jumlah sel-sel darah termasuk trombosit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran jumlah trombosit berdasarkan berat ringannya penyakit pada pasien sirosis hati dengan perdarahan di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif. Sampel penelitian berjumlah 78 orang yang merupakan pasien sirosis hati dengan perdarahan yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Nilai trombosit yang digunakan adalah nilai trombosit yang diukur menggunakan alat hematology analyzer. Data kemudian dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan penderita terbanyak sirosis hati dengan perdarahan pada kelompok umur 58 - 63 tahun dan penderita terbanyak adalah laki-laki, yaitu sebanyak 56 (71,8%) orang. Sebanyak 52 (66,7%) penderita sirosis hati dengan perdarahan memiliki jumlah trombosit yang rendah. Klasifikasi penyakit sirosis hati perdarahan Child A sebanyak 11 (14,1%) orang dengan rerata jumlah trombosit 192.181/mm3, Child B sebanyak 32 (41%) orang dengan rerata jumlah trombosit 155.687/mm3, dan Child C sebanyak 35 (44,9%) orang dengan rerata jumlah trombosit 96.485/mm3. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah jumlah trombosit pasien sirosis hati dengan perdarahan semakin menurun sesuai dengan derajat berat ringannya penyakit sirosis hati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 28 Aug 2016 07:22
Last Modified: 28 Aug 2016 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item