PERBEDAAN DERAJAT KECEMASAN PADA MAHASISWA BARU PREKLINIK DAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

LILY, FAJRIATI (2015) PERBEDAAN DERAJAT KECEMASAN PADA MAHASISWA BARU PREKLINIK DAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201601111112th_pdf skripsi lily fajriati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecemasan dapat menghasilkan kebingungan dan distorsi persepsi yang berdampak buruk pada pembelajaran mahasiswa karena dapat menurunkan kemampuan memusatkan perhatian, menurunkan daya ingat, dan mengganggu kemampuan menghubungkan satu hal dengan yang lain. Pendidikan kedokteran dikenal sebagai stressful environment yang berpeluang besar menimbulkan kecemasan pada mahasiswa kedokteran. Mahasiswa kedokteran harus menjalani dua fase pendidikan kedokteran yaitu fase pendidikan preklinik dan klinik. Kedua fase pendidikan ini memiliki stressor yang berbeda yang dapat memicu munculnya kecemasan pada mahasiswa kedokteran terutama pada mahasiswa baru, baik pada fase preklinik maupun klinik. Penelitian ini bertujuan untuk menilai derajat kecemasan pada mahasiswa baru preklinik dan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian analitik observasional menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anxiety) yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan pada mahasiswa baru preklinikdidapatkan 43 orang (93,5%) tidakadacemas, dua orang (4,3%)dengankecemasanringan, dan satu orang (2,2%) kecemasansedang. Pada mahasiswa baru klinik didapatkan 39 orang (84,8%) tidakadakecemasan, lima orang (10,9%) kecemasan ringan dandua orang (4,3%) mengalamikecemasan sedang. Stressor utama pada mahasiswapreklinik dan klinik adalah kecemasan mengenai proses pembelajaran selama fase pendidikan yaitu didapatkan 34 orang (73,9%) pada mahasiswa preklinik dan 37 orang (80,4%) pada mahasiswa klinik. Hasil uji statistik chi-square didapatkan p value= 0,315 (p=>0.05) yang artinya tidak didapatkan perbedaan bermakna antara derajat kecemasan pada mahasiswa baru preklinik dengan mahasiswa klinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 28 Aug 2016 07:17
Last Modified: 28 Aug 2016 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16002

Actions (login required)

View Item View Item