Analisa Waktu Produksi Pada Proses Penyambungan Komponen Rakitan Roda Bajak (HT1-PD-008) Menggunakan Perkakas Bantu Pengelasan Untuk Produksi Massal Komponen Hydrotiller

Irval, Diska (2015) Analisa Waktu Produksi Pada Proses Penyambungan Komponen Rakitan Roda Bajak (HT1-PD-008) Menggunakan Perkakas Bantu Pengelasan Untuk Produksi Massal Komponen Hydrotiller. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir)
201512221604nd_ta irval diska 1010912038.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan mesin hydrotiller yang berfungsi untuk memudahkan dalam pengolahan tanah sawah masih sangat terbatas. Tingginya biaya produksi mesin menyebabkan harga menjadi mahal dan tidak tersedianya suku cadang setelah produksi sehingga ketertarikan masyarakat untuk menggunakan mesin ini sangat kecil, padahal manfaat yang diperoleh dengan penggunaan mesin tersebut sangat banyak. Untuk mengurangi biaya produksi dapat dilakukan dengan memproduksi secara massal, sehingga peningkatan efisiensi proses produksi dapat dicapai. Efisiensi proses produksi ini diidentifikasikan sebagai penurunan waktu produksi menjadi lebih singkat, pelaksanaan produksi lebih mudah, jumlah produksi meningkat dan kualitas produk sesuai dengan geometri yang telah ditentukan. Pelaksanaan produksi massal membutuhkan perkakas bantu pada mesin-mesin produksi yang digunakan supaya proses produksi komponen-komponen hydrotiller berjalan lebih efisien. Untuk itu dirancang sebuah perkakas bantu yang berfungsi untuk memposisikan dan memegang benda kerja didalam ruang kerja mesin. Tugas akhir ini membahas tentang pembuatan perkakas bantu pengelasan menggunakan beberapa proses pemesinan berupa proses bubut, proses freis, proses gurdi, proses sekrap dan proses pengelasan, serta pengujian waktu produksi proses penyambungan komponen rakitan roda bajak (HT-PD- 008) menggunakan perkakas bantu pengelasan. Setelah itu akan diukur kualitas geometri dari produk hasil pengelasan menggunakan perkakas bantu ini. Dari tiga kali pengujian waktu produksi didapatkan waktu produksi yaitu 34 menit 48 detik, 29 menit 49 detik, 30 menit 32 detik. Kemudian dari pengukuran kualitas geometri produk hasil proses penyambungan dengan perkakas bantu pengelasan menghasilkan dimensi produk yang cukup presisi. Dari pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses penyambungan komponen rakitan roda bajak (HT1-PD-008) menggunakan perkakas bantu pengelasan dapat menghasilkan suatu produk dengan waktu produksi yang seefisien mungkin serta kualitas produk yang tetap terjaga sehingga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan dengan penggunaan perkakas bantu pengelasan ini lebih menguntungkan dibandingkan pengerjaan secara manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 28 Aug 2016 05:52
Last Modified: 28 Aug 2016 05:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item