HUBUNGAN PELAKSANAAN PERENCANAAN PULANG PASIEN PASCA STROKE OLEH PERAWAT DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERAWATAN PASIEN STROKE DI RUANG RAWAT INAP SARAF RSUP D.R M.DJAMIL PADANG

RAHMI, NOVITA SARI (2013) HUBUNGAN PELAKSANAAN PERENCANAAN PULANG PASIEN PASCA STROKE OLEH PERAWAT DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERAWATAN PASIEN STROKE DI RUANG RAWAT INAP SARAF RSUP D.R M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2408201607.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

Stroke adalah gangguan fungsi otak lokal atau luas yang terjadi secara mendadak dan cepat, berlangsung lebih dari 24 jam dan dapat menyebabkan kematian. Stroke juga dapat terjadi secara berulang, sesaat setelah pemulangan pasien, keluarga mempunyai tanggung jawab untuk melakukan perawatan di rumah. Salah satu cara keluarga untuk memiliki pengetahuan tentang perawatan pasien stroke yaitu dengan pelaksanaan perencanaan pemulangan pasien, terutama oleh perawat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pelaksanaan perencanaan pulang pasien pasca stroke oleh perawat dengan tingkat pengetahuan keluarga tentang perawatan pasien stroke. Jenis penelitian ini adalah Deskriptf analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Jumlah sampel 55 orang keluarga yang akan merawat pasien di rumah dengan menggunakan tekhnik sampling yaitu purposive sampling Data diambil dari bulan April - Mei 2013 dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil Penelitian didapatkan keluarga berpengetahuan rendah 13 orang (23,6%), dan pelaksanaan perencanaan pemulangan pasien kurang baik 23 orang (41.8%). Hasil analisa bivariat tentang hubungan pelaksanaan perencanaan pulang pasien pasca stroke oleh perawat dengan tingkat pengetahuan keluarga tentang perawatan pasien stroke didapat nilai p=0,00. Terdapat hubungan yang bermakna pelaksanaan perencanaan pulang pasien pasca stroke oleh perawat dengan tingkat pengetahuan keluarga tentang perawatan pasien stroke. Mengingat pentingnya perencanaan pemulangan pasien pasca stroke diharapkan pihak rumah sakit dan perawat ruangan untuk dapat melaksanakan perencanaan pulang pasien dengan baik terhadap pasien stroke dan keluarga dengan tidak meninggalkan atau mengabaikan aspek psikologis dan efek obat yang dialami oleh pasien stroke. Kata Kunci : Pelaksanaan perencanaan pulang pasien pasca stroke, pengetahuan keluarga, perawatan pasien stroke Daftar Pustaka : 46 (1998 – 2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 28 Aug 2016 04:15
Last Modified: 28 Aug 2016 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item