PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI TEPUNG TOMAT (Lycopersicon esculentum) AFKIR TANPA REBUS DAN REBUS DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER

FITRA, MAKHFIRA (2016) PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI TEPUNG TOMAT (Lycopersicon esculentum) AFKIR TANPA REBUS DAN REBUS DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601221052nd_skripsian.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi tepung tomat (Lycopersicon esculentum) afkir yang tidak direbus (TTTR) dan tepung tomat yang direbus (TTR) dalam ransum terhadap berat hidup, berat karkas, persentase lemak abdomen, dan persentase karkas ayam broiler. Ransum perlakuan disusun iso protein 21% dan iso energi 2900 kkal/kg. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan yaitu level TTTR dan TTR yang berbeda sebagai berikut: A 0% TTTR dan 0% TTR, B 25% TTTR : 75% TTR, C 50% TTTR : 50% TTR, D 75% TTTR : 25 TTR dan masing-masing perlakuan di ulang sebanyak lima kali. Penelitian menggunakan 80 ekor ayam broiler strain Abror Acres CP 707, yang ditempatkan pada 20 unit kandang sistem box berukuran 70x70x90 cm/unit, setiap kandang ditempati oleh 4 ekor ayam broiler. Parameter yang diukur: berat hidup (g/ekor), berat karkas (g/ekor), persentase lemak abdomen, dan persentase karkas. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan TTTR dan TTR dalam ransum berpengaruh tidak nyata (P>0.05) terhadap berat hidup, berat karkas, dan persentase lemak abdomen, sedangkan terhadap persentase karkas memberikan pengaruh yang nyata (P<0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian kombinasi 50% TTTR : 50% TTR merupakan yang terbaik karena dapat mempertahankan persentase karkas ayam broiler dan menyamai ransum kontrol. Kata Kunci : tepung tomat, berat hidup, berat karkas, persentase lemak abdomen, persentase karkas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 03:37
Last Modified: 28 Aug 2016 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15964

Actions (login required)

View Item View Item