PENAMBAHAN BEBERAPA LEVEL SATARTER Lactobacillus casei TERHADAP KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS AYAM AFKIR

FAJRI, MUSTOFA (2013) PENAMBAHAN BEBERAPA LEVEL SATARTER Lactobacillus casei TERHADAP KADAR LEMAK, KADAR PROTEIN DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS AYAM AFKIR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2308201620.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan Lactobacillus casei terhadap kadar lemak, kadar protein dan nilai organoleptik sosis ayam afkir. Penelitian menggunakan daging ayam afkir sebanyak 5 200 gram dan starter Lactobacillus casei sebanyak 60 gram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan level starter Lactobacillus casei yang terdiri dari A: 0%, B: 4%, C: 8%, D: 12%. Peubah yang diukur adalah kadar lemak, kadar protein dan nilai organoleptik sosis ayam afkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan memberi pengaruh nyata (P<0.05) terhadap kadar lemak dan kadar protein dan nilai organoleptik sosis ayam afkir. Penggunaan starter Lactobacillus casei 12% memberikan hasil terbaik terhadap kualitas sosis ayam afkir yaitu dengan kadar lemak 4.82%, kadar protein 13.03%, meningkatkan nilai organoleptik sosis ayam afkir aroma dengan skor 1.73, rasa 1.96 dan warna 1.87. Kata kunci: Lactobacillus casei, sosis ayam afkir, kadar lemak, kadar protein, nilai organoleptik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 28 Aug 2016 03:36
Last Modified: 28 Aug 2016 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item View Item