HUBUNGAN PERAN KELUARGA DAN PAPARAN MEDIA MASSA DENGAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA DI SMA PGRI 3 PADANG TAHUN 2015

Kesya, Prayusta (2016) HUBUNGAN PERAN KELUARGA DAN PAPARAN MEDIA MASSA DENGAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA REMAJA DI SMA PGRI 3 PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601220720nd_kesya prayusta.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Perilaku seksual yang tidak sehat di kalangan remaja khususnya remaja yang belum menikah cenderung meningkat, dan perilaku seksual pranikah ini sudah menjadi fenomena di kalangan remaja, tak terkecuali di kota padang, dimana kurangnya pendidikan dari orang tua tentang perilaku seksualitas, sehingga remaja mencari informasi diberbagai sumber seperti media massa, yang sudah sangat mudah didapat dikalangan remaja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku seksual pada remaja, diantaranya peran keluarga dan paparan media massa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran keluarga dan paparan media massa dengan perilaku seksual pranikah pada remaja di SMA PGRI 3 Padang. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif analitik untuk menggambarkan sekaligus melihat hubungan antara peran keluarga dan paparan media massa dengan perilaku seksual pranikah pada remaja. Populasi pada penelitian ini adalah 138 siswa SMA PGRI 3 Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling dengan besar sampel sebanyak 103 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data diolah dan dianalisa dengan tabel distribusi frekuensi kemudian diuji dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara peran keluarga dengan perilaku seksual pranikah pada remaja dengan nilai (ρ= 0,039) dan terdapat hubungan yang bermakna antara paparan media massa dengan perilaku seksual pranikah pada remaja dengan nilai (ρ= 0,003). Hasil penelitian ini diharapkan agar pihak sekolah memberikan pendidikan tentang bagaimana perilaku seksual pranikah pada remaja dengan tujuan membentuk konsep diri remaja yang baik dan mampu menghindari perilaku seksual pranikah. Kata kunci : Peran keluarga, paparan media massa, perilaku seksual pranikah Daftar pustaka : 47 (2002-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 03:29
Last Modified: 28 Aug 2016 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item