FADLAH, FADLAH (2016) PENGARUH TERAPI BERMAIN COOPERATIVE PLAY DENGAN PUZZLE KONSTRUKSI TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 KOTA PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
201601211806st_skripsi lengkap_fadlah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
Abstract
Keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan dalam interaksi sosial pada anak tunagrahita menyebabkan mereka memiliki keterbatasan dalam kemampuan kognitif, verbal, motorik dan sosialisasi. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi adalah dengan terapi bermain cooperative play dengan puzzle konstruksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi bermain cooperative play dengan puzzle konstruksi terhadap kemampuan sosialisai anak tunagrahita. Desain penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebesar 10 responden yang dilaksanakan pada bulan desember 2015. Data hasil observasi dinalisa dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan sosialisasi sebelum dan sesudah intervensi dengan analisis data diperoleh nilai p = 0,047 dengan taraf α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terapi bermain cooperative play dengan puzzle konstruksi dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi anak tunagrahita. Dengan penelitian ini diharapkan meningkatkan peran perawat anak untuk memberikan kegiatan-kegiatan yang menstimulasi kemampuan sosialisasi anak dengan gangguan perkembangan. Kata kunci : tunagrahita, kemampuan sosialisasi, terapi bermain Daftar Pustaka : 36 (2006-2015)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | mrs Rahmadeli rahmadeli |
Date Deposited: | 28 Aug 2016 03:17 |
Last Modified: | 28 Aug 2016 03:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15953 |
Actions (login required)
View Item |