PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI MENONTON KARTUN ANIMASI TERHADAP SKALA NYERI ANAK SAAT VAKSINASI DI PUSKESMAS BELIMBING PADANG

FAHLIZA, IHWANA (2016) PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI MENONTON KARTUN ANIMASI TERHADAP SKALA NYERI ANAK SAAT VAKSINASI DI PUSKESMAS BELIMBING PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601211646st_skripsi fahliza ihwana.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Vaksinasi diberikan untuk meningkatkan kekebalan pada bayi dengan memasukkan vaksin kedalam tubuh untuk mencegah penyakit tertentu. Tindakan invasif selama Vaksinasi menimbulkan nyeri. 99% anak merasakan nyeri saat melakukan vaksinasi baik ringan, sedang maupun berat. Nyeri yang tidak terkontrol dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf pusat. Teknik distraksi menonton kartun animasi dapat dilakukan untuk penurunan nyeri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh teknik distraksi menonton kartun animasi terhadap skala nyeri anak saat vaksinasi di Puskesmas Belimbing, Padang. Metode yang digunakan adalah preeksperiment dengan pendekatan posttest only control grup design. Jumlah sampel 30 anak, yaitu 15 kelompok eksperimen yang diberikan teknik distraksi menonton kartun animasi dan 15 kelompok kontrol atau yang tidak diberikan teknik distraksi menonton kartun animasi. Nyeri diukur dengan skala FLACC. Penelitian dilakukan dari bulan Juli 2015 sampai Januari 2016. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh teknik distraksi menonton kartun animasi terhadap skala nyeri anak saat vaksinansi (p=0,0005). Saran kepada institusi pelayanan kesehatan untuk menggunakan teknik distraksi menonton kartun animasi saat vaksinansi. Kata kunci : distraksi, kartun animasi, nyeri, anak Daftar pustaka : 41 (1995-2015

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 03:14
Last Modified: 28 Aug 2016 03:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15951

Actions (login required)

View Item View Item