HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEPIAN (LONELINESS) PADA LANSIA DI NAGARI TAPI SELO WILAYAH KERJA PUSKESMAS LINTAU BUO 1

RAHMAT, GUSWIRA (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEPIAN (LONELINESS) PADA LANSIA DI NAGARI TAPI SELO WILAYAH KERJA PUSKESMAS LINTAU BUO 1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601211130st_skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

Lansia mengalami kesepian cendrung menyebutkan dirinya merasa terabaikan, tersisih, susah tidur, tidak memiliki teman untuk bicara dan tidak adanya aktivitas yang bermakna. Dukungan sosial merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan lanjut usia karena dukungan sosial sangat penting untuk mencegah kesepian yang dialami lansia sehingga berdampak pada status kesehatan dan kualitas hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kesepian pada lansia di Nagari Tepi Selo Wilayah kerja Puskesmas Lintau Buo 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif analitik. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner UCLA Loneliness scale Russell, D. (1996) untuk menilai kesepian dan Multidimensional Scale on Perceived Social Support untuk menilai dukungan sosial. Analisis data secara univariat dan bivariat, dengan komputerisasi, dan untuk melihat hubungan dilakukan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan sosial dengan kesepian lansia (p=0,000). Peneliti menyarankan agar lansia berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan yang mereka alami, sehingga dipahami keluarga dan lingkungan. Keluarga sebaiknya menyediakan waktu bergaul yang berkualitas bersama dengan lansia. Perawat komunitas juga diharapkan mampu berkoordinasi dengan kader posyandu lansia untuk selalu melakukan program senam lansia supaya meningkatkan keaktifan lansia di kelompok sosial. Kata kunci : kesepian, dukungan sosial, lansia Daftar Pustaka : 56 (1988-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 28 Aug 2016 02:50
Last Modified: 28 Aug 2016 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item