PENGELOLAAN PASAR NAGARI KABUPATEN SOLOK SETELAH KELUARNYA PERATURAN DAERAH NOMOR 2 TAHUN 2007 TENTANG PEMERINTAHAN NAGARI

JIHAD, ARIANTO (2015) PENGELOLAAN PASAR NAGARI KABUPATEN SOLOK SETELAH KELUARNYA PERATURAN DAERAH NOMOR 2 TAHUN 2007 TENTANG PEMERINTAHAN NAGARI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Tex)
201509261333th_skripsi jihad arianto lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Pasar nagari merupakan salah satu dari harta kekayaan nagari. Peran pasar nagari sangat fundamental sebagai salah satu pendapatan asli nagari. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2007 yang berwenang mengelola ulayat nagari adalah pemerintah nagari berdasarkan peraturan nagari. Pasar nagari termasuk kedalam ulayat nagari. Pengelolaan Pasar Nagari Selayo tidak hanya dilakukan oleh pemerintahan nagari, namun juga melibatkan unsur lembaga masyarakat hukum adat lainnya seperti kerapatan adat nagari, anak nagari nagari dan pemuda nagari. Kerapatan Adat Nagari merupakan suatu lembaga adat yang terdapat dalam suatu Pemerintahan Nagari. Sedangkan anak-anak nagari tersebut ditugaskan untuk melakukan pungutan kepada para pedagang yang berjualan di pasar nagari tersebut. Uang yang diperoleh dari pasar nagari tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur pasar, dan sebagian diserahkan kepada Pemerintah Nagari. Penelitian ini memfokuskan kepada tiga (3) aspek, yaitu : (1) Bagaimana proses pengelolaan pasar Nagar Selayo sebelum keluarnya Perda Nomor 2 Tahun 2007? (2) Bagaimana proses pengelolaan pasar Nagar Selayo setelah keluarnya Perda Nomor 2 Tahun 2007? (3) Bagaimana kebijakan pengelolaan pasar nagari yang dikeluarkan oleh pemerintahan nagari Selayo? Dalam melakukan penelitian ini penulis melakukan pendekatan yuridis empiris, yaitu dengan menggunakan metode wawancara kepada pihak-pihak yang terkait. Pemerintah Nagari Selayo secara bersama-sama mengelola pasar nagari tersebut dengan kerapatan adat nagari, sehingga masing-masing pihak tetap memiliki tujuan yang sama dalam pembangunan nagari, yaitu menciptakan nagari yang sejahtera. Walaupun dalam pelaksanaan pembangunan tersebut masih belum sesuai dengan apa yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 28 Aug 2016 02:25
Last Modified: 28 Aug 2016 02:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item