IDENTIFIKASI LITOLOGI DAN PERSEBARAN POROSITAS MENGGUNAKAN METODE INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK PADA FORMASI CIBULAKAN LAPANGAN “S”

HERIFA, RIFA (2015) IDENTIFIKASI LITOLOGI DAN PERSEBARAN POROSITAS MENGGUNAKAN METODE INVERSI IMPEDANSI AKUSTIK PADA FORMASI CIBULAKAN LAPANGAN “S”. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201508070911th_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi litologi dan persebaran porositas menggunakan metode inversi impedansi akustik pada Formasi Cibulakan lapangan S Cekungan Jawa Barat Utara. Zona target merupakan horizon HR-01 dan HR-04 dengan litologi batugamping. Penelitian ini menggunakan metode Sparse Spike yaitu metode yang hanya mengutamakan spike-spike yang besar. Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa parameter Gamma Ray dan impedansi akustik pada sumur HR-01 tidak sensitif dalam pemisahan batulempung dan batugamping, sedangkan parameter Gamma Ray pada sumur HR-04 lebih sensitif tetapi impedansi akustiknya tidak. Hasil inversi menunjukkan bahwa nilai impedansi akustik pada batu gamping Formasi Cibulakan sebesar 7500-9200 g/m 2 s yang diklasifikasikan sebagai nilai impedansi akustik yang menengah. Kondisi ini menunjukkan bahwa pada Formasi Cibulakan terdapat potensi hidrokarbon. Nilai porositas terbaik di peroleh pada sumur HR-04 sekitar 0,224 – 0,226 fraksi. Kondisi ini menunjukkan bahwa pada batugamping terdapat potensi hidrokarbon, sebagaimana juga terlihat dari nilai impedansi akustik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 27 Aug 2016 07:48
Last Modified: 27 Aug 2016 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15906

Actions (login required)

View Item View Item