PEMILIHAN FLUIDA UNTUK WASTE HEAT RECOVERY POWER GENERATION (WHRPG) PADA UNIT PRODUKSI INDARUNG V – PT.SEMEN PADANG

MUHAMMAD, DASRIYAL (2015) PEMILIHAN FLUIDA UNTUK WASTE HEAT RECOVERY POWER GENERATION (WHRPG) PADA UNIT PRODUKSI INDARUNG V – PT.SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201511090129th_pemilihan fluida untuk waste heat recovery power generation whrpg pada unit produksi indarung v pt.semen padang.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sejauh ini tidak kurang dari 50an fluida organik telah diusulkan untuk digunakan pada sistim ORC. Pada kenyataannya tidak ada satu fluida organik hanya cocok untuk temperatur dan tekanan kerja tertentu pada suatu ORC. Sehingga pemilihan fluida organik yang sesuai untuk suatu ORC sangat diperlukan. Tingkat kecocokan fluida kerja diukur berdasarkan aspek yaitu aspek termodinamik, aspek teknis dan aspek finansial. Dari segi aspek termodinamik, fluida kerja yang terbaik adalah yang mampu mengubah energi termal menjadi kerja sebanyak mungkin. Hal ini diukur dengan efesiensi eksergi. Dari segi teknis fluida kerja harus memenuhi beberapa syarat seperti tingkat polusi yang mungkin ditimbulkan, tingkat korisif dan ketersedian peralatan yang sesuai dengan fluida kerja tersebut dipasaran. Dari segi finansial, fluida kerja terbaik adalah fluida yang memungkinkan biaya investasi serendah mungkin dengan keuntungan setinggi mungkin. Penelitian ini dimaksud untuk mencari fluida terbaik untuk WHRPG pada Indarung V, PT. Semen Padang dengan mempertimbangkan aspek termodinamika saja. Pencarian fluida terbaik tersebut pada penelitian ini dilakukan dengan metode genetik algoritma didukung dengan software Matlab R2015a trial dan Refprop v9.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 27 Aug 2016 07:38
Last Modified: 27 Aug 2016 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item