ANALISIS PEMASARAN SAPI POTONG DI KENAGARIAN PANAMPUANG KECAMATAN IV ANGKEK KABUPATEN AGAM

IRSAL, IRSAL (2015) ANALISIS PEMASARAN SAPI POTONG DI KENAGARIAN PANAMPUANG KECAMATAN IV ANGKEK KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full teks)
201510311348st_irsal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 13 Februari – 16 Maret 2015 yang bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran sapi potong yang diterapkan di Nagari Panampuang, (2) besarnya margin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran di Nagari Panampuang (3) besarnya farmer’s share pada masingmasing saluran pemasaran di Nagari Panampuang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Responden penelitian adalah 20 orang peternak yang telah pernah melakukan penjualan sapi siap potong. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 macam saluran pemasaran yang diterapkan peternak dalam memasarkan sapi potong di Nagari Panampuang yang terdiri dari : (1) Peternak → Pedagang Potong → Konsumen (2) Peternak → Makelar → Pedagang Potong → Konsumen (3) Peternak → Pedagang Pengumpul → Pedagang Potong → Konsumen. Saluran yang memiliki margin pemasaran tertinggi adalah saluran III yaitu sebesar Rp2.443.344/ekor. Sedangkan famer’s share atau bagian memberikan harga lebih tinggi kepada peternak dari harga yang dibayarkan oleh konsumen berada saluran pemasaran I yaitu sebesar 91,65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 27 Aug 2016 06:28
Last Modified: 27 Aug 2016 06:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item