FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN OLEH PASIEN POLIKLINIK KEBIDANAN DI RSUD dr. RASIDIN PADANG TAHUN 2015

YUNI, ASTANTI. A (2015) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN OLEH PASIEN POLIKLINIK KEBIDANAN DI RSUD dr. RASIDIN PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi fulltext)
201507311727st_yuni astanti. a 1311216051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingginya angka kunjungan pasien ANC (antenatal cara) di RSUD dr. Rasidin Padang tidak diikuti dengan pemanfaatan pelayanan persalinan tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang hubungan dengan pemanfaatan pelayanan persalinan oleh pasien poliklinik kebidanan di RSUD dr. Rasidin Padang tahun 2015. Metode Metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study, variabel dependen (pemanfaatan pelayanan persalinan) dan variabel independen (tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan keluarga, persepsi terhadap fasilitas kesehatan, jarak ke pelayanan kesehatan, persepsi terhadap petugas kesehatan, persepsi terhadap resiko kehamilan). Tekinik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan sampel 64 orang. Data diperoleh dari kuesioner diolah dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil Hasil penelitian didapatkan 64,1% pasien tidak memanfaatkan pelayanan persalinan. Hasil uji statistik dipeloreh hubungan bermakna antara penghasilan keluarga, jarak ke pelayanan kesehatan, persepsi terhadap fasilitas kesehatan dan persepsi terhadap resiko kehamilan. Sedangkan tingkat pendidikan, pekerjaan dan persepsi terhadap petugas kesehatan tidak terdapat hubungan bermakna. Kesimpulan Penghasilan keluarga, jarak ke pelayanan kesehatan, persepsi terhadap fasilitas kesehatan dan persepsi terhadap resiko kehamilan memiliki hubungan bermakna dengan pemanfaatan pelayanan persalinan di RSUD dr. Rasidin Padang. Saran kepada ibu hamil untuk memanfaatkan ANC dan pelayanan persalinan di fasilitas yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 27 Aug 2016 03:32
Last Modified: 27 Aug 2016 03:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15781

Actions (login required)

View Item View Item