KEPERCAYAAN RAKYAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN CERITA KUBURAN PANJANG DI JORONG AUA KUNIANG KANAGARIAN PASIA LAWEH KECAMATAN PALUPUAH KABUPATEN AGAM (Analisis Fungsionalisme R. William Bascom)

TOMI, ALFIANAS (2015) KEPERCAYAAN RAKYAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN CERITA KUBURAN PANJANG DI JORONG AUA KUNIANG KANAGARIAN PASIA LAWEH KECAMATAN PALUPUAH KABUPATEN AGAM (Analisis Fungsionalisme R. William Bascom). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201510301027th_skripsi tomi ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendokumentasikan kepercayaan rakyat yang berhubungan dengan cerita kuburan panjang yang ada di Jorong Aua Kuniang Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam, agar cerita kuburan panjang di jorong tersebut tidak hilang begitu saja dan dapat diketahui oleh generasi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan mengetahui tentang Kepercayaan Rakyat tentang cerita Kuburan Panjang Di Jorong Aua Kuniang Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsi yang dikemukakan oleh R. Wiliam Bascom (dalam Danandjaja) dan menggunakan metode kualitatif Dari penelitian tersebut didapat sepuluh cerita tentang kuburan panjang. cerita tersebut, antara lain:1) Asal-usul inyiak Dt.Tan Barido. 2) Batu Mijan kuburan panjang. 3) Panjang Kuburan inyiak Dt.Tan Barido. 4) Daruik yang terdapat di kuburan panjang. 5). Guruah di kuburan panjang. 6) Kuburan Indak Jadi di Bukik Sirabuangan. 7) Bakiramaik di kuburan panjang. 8) Sumpitan Ipuah dalam kuburan panjang. 9) Batarak/bamunajat di kuburan panjang. 10) Sumpah Sigadih Ranti. Perubahan fungsi pada legenda kuburan panjang tersebut disebabkan adanya perubahan dan perkembangan zaman dalam hal pendidikan dan teknologi. Mereka banyak mengikuti perkembangan modern sehinganya cerita-cerita yang disekitarnya mulai berangsur punah. Sementara itu, cerita yang seharusnya dilestarikan ditengah masyarakat mereka kebanyakan tidak mau tahu lagi. Pada hal hasil kebudayaan yang ada sejak dahulunya seharusnya dipertahankan agar tidak punah begitu saja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 27 Aug 2016 02:47
Last Modified: 27 Aug 2016 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item