Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Duku (Lansium domesticum Corr) sebagai Inhibitor Korosi Baja St.37 dalam Medium Asam Klorida

Kurnia, Aljufri (2016) Pemanfaatan Ekstrak Kulit Buah Duku (Lansium domesticum Corr) sebagai Inhibitor Korosi Baja St.37 dalam Medium Asam Klorida. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak kulit buah duku (Lansium domesticum Corr) telah dilakukan uji kemampuan inhibitor korosi baja St.37 dalam medium asam klorida. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode kehilangan berat (weight loss), polarisasi potensiodinamik, analisis FT-IR, dan analisis SEM. Berdasarkan metode kehilangan berat dapat diketahui bahwa laju korosi menurun dengan adanya penambahan ekstrak kulit buah duku. Efisiensi inhibisi naik dengan penambahan ekstrak kulit buah duku dengan nilai efisiensi inhibisi tertinggi adalah 84,41% pada konsentrasi HCl 1,0 N dengan penambahan ekstrak 2 g/L pada suhu 30°C. Pengukuran polarisasi potensiodinamik menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah duku merupakan inhibitor jenis campuran. Nilai polarisasi potensiodinamik tertinggi adalah 77,57% pada konsentrasi HCl 1,0 N dengan penambahan ekstrak 2 g/L pada suhu 30°C. Adsorpsi ekstrak kulit buah duku pada permukaan baja sesuai dengan isoterm Freundlich. Analisis SEM menunjukkan adanya perbedaan permukaan baja sebelum perendaman, perendaman tanpa ekstrak, dan adanya penambahan ekstrak kulit buah duku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:46
Last Modified: 26 Aug 2016 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15732

Actions (login required)

View Item View Item