ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TENTANG PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD dr. M. YUNUS BENGKULU TAHUN 2015

Fourni, Ardiansyah (2015) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TENTANG PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD dr. M. YUNUS BENGKULU TAHUN 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201508260619th_tesis fourni ardiansyah bp 1321312061.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adanya keluhan pasien lewat sms, media masa lokal: televisi, surat kabar, survey bagian mutu tingkat kepuasan dibawah standar Depkes (90%) ada indikasi mutu pelayanan masih rendah. RSUD dr M. Yunus Bengkulu merupakan rumah sakit rujukan tertinggi unutk peserta JKN. Survey pendahuluan menunjukkan 50% pasien rawat inap menyatakan tidak puas dengan pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan peserta JKN tentang pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSUD dr M. Yunus Bengkulu. Menggunakan desain Crosssectional. Penelitian dilakukan Januari sampai Mei 2015. Populasi pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di instalasi rawat inap RSUD dr M. Yunus Bengkulu. Teknik purposive, sampel 100 orang. Pengumpulan data dengan kuisioner, analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji Chi-Square dan analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil univariat 63% pasien mengatakan puas tentang pelayanan perawat dan 60% pasien mengatakan puas dengan pelayanan dokter. Hasil bivariat tidak ada hubungan bermakna karakteristik pasien dengan kepuasan, dengan p value > 0,05. Ada hubungan bermakana kualitas pelayanan: bukti langsung, kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empati petugas kesehatan (dokter, perawat) dengan kepuasan, dengan p value < 0,05. Kehandalan dokter dan perawat, mempunyai pengaruh paling tinggi untuk kepuasan, dengan nilai Exp. (B) 19,023) dan Exp. (B) 6,680. Disarankan kepada dokter dan perawat untuk memberitahukan sebelum dan sesudah tindakan, lebih empati terhadap permasalahan pasien. Kata Kunci : Karakteristik pasien JKN, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien. Daftar Pustaka : 62 (tahun 2000-2014) vii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 26 Aug 2016 03:21
Last Modified: 26 Aug 2016 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15716

Actions (login required)

View Item View Item