SRI, RAHAYU (2011) KEPUASAN PASIEN TERHADAP KINERJA PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK BERSALIN SAYANG IBU BATUSANGKAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (SKRIPSI)
CRV0402.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
Abstract
Klinik bersalin merupakan penyedia jasa pelayanan kesehatan yang baru bagi masyarakat Batusangkar dan sekitarnya yang biasanya hanya terdapat puskesmas atau di rumah sakit untuk melakukan persalinan bagi masyarakat. Namun sekarang masyarakat melakukan persalinan ada yang melakukan persalinan di Klinik Sayang Ibu yang merupakan klinik bersalin yang terbesar di Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Sehingga hal ini menarik untuk diteliti. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah kepuasan pasien terhadap kinerja pelayanan kesehatan di Klinik Bersalin Sayang Ibu Batusangkar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan pasien melalui kecepatan, kemudahan dan kenyamanan pelayanan serta mendeskripsikan kendala – kendala yang dihadapi dalam mewujudkan kepuasan pasien terhadap kinerja pelayanan Klinik Bersalin Sayang Ibu Batusangkar. Teori yang digunakan adalah teori Aksi oleh Talcott Parsons yaitu aktor mengejar tujuan dalam situasi dimana norma- norma mengarahkannya dalam memilih alternatif cara dan alat untuk mencapai tujuan. Metode yang digunakan adalah kualitatif, yang kemudian informan dipilih dengan cara purposive (sengaja). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur. Data yang terkumpul kemudian diklasifikasikan, direduksi dan disusun secara sistematis sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang hasil pengamatan yang akhirnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama berada di klinik Bersalin Sayang Ibu pasien mendapatkan pelayanan yang cepat seperti, perawat yang cepat tanggap, dokter selalu ada ketika pasien ada keluhan, makanan dan obat-obatan yang diberikan tepat waktu. Kemudahan yang diperoleh pasien yaitu, dalam hal mendapatkan pertolongan, obat diberikan langsung oleh petugas klinik, perlengkapan dapur yang disediakan langsung oleh petugas klinik, air bersih dan banyak tersedia, ada tempat penjemuran, kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan harian, dan kemudahan dalam pengurusan administrasi. Kenyaman yang dirasakan pasien adalah kenyamanan atas sikap petugas yang sopan dan ramah, kenyamanan atas fasilitas yang lengkap dan bersih, serta kenyamanan atas makanan yang diberikan. Namun kadang pasien terkendala kerena harus menunggu dokter. Sedangkan kesulitan dalam memberikan kepuasan kepada pasien adalah sulitnya memberikan pengertian kepada pasien tentang tata cara menyusui dan merawat bayi dan tidak adanya pengawasan secara rutin dari Dinas Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 27 Aug 2016 03:01 |
Last Modified: | 27 Aug 2016 03:01 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15708 |
Actions (login required)
View Item |