HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI POLIKLINIK UMUM RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YARSI PADANG TAHUN 2013

KARINA, MULI FARDIAN (2013) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI POLIKLINIK UMUM RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA YARSI PADANG TAHUN 2013. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0391.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Data dari rekam medis Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang dapat diketahui kunjungan pasien pada tahun 2010 adalah 6015 orang pasien lama, dan 654 orang pasien baru, pada tahun 2011 jumlah kunjungan pasien lama adalah 5762 orang pasien lama, sedangkan jumlah kunjungan pasien lama pada tahun 2012 adalah 5568 orang, serta kunjungan pasien baru adalah sebanyak 567 orang.(12) Berdasarkan tabel diatas dapat diketahui bahwa jumlah kunjungan lama di Poliklinik Umum RSI Ibnu Sina Padang menurun setiap tahunnya. Selain itu didapat juga didapatkan informasi mengenai retensi pasien lama, yaitu pasien yang melakukan pembelian ulang di poliklinik mulai tahun 2010 sampai tahun 2012. Walaupun retensi pasien cukup tinggi yang menunjukkan kunjungan pasien lama lebih banyak dibandingkan pasien baru, tetapi jumlah pasien lama yang menurun dapat menjadi petunjuk adanya penurunan loyalitas pasien kepada RSI Ibnu Sina Padang. Jumlah pasien yang menurun akan berpengaruh terhadap pemasukan/income rumah sakit. Oleh karena itu konsep tentang pemasaran harus diperhatian agar rumah sakit dapat mengatasi masalah mengenai loyalitas pasien yang dapat berdampak pada income rumah sakit(11). 5 Survei awal yang dilakukan peneliti terhadap 10 responden yang diperiksa di Poliklinik Umum RSI Ibnu Sina Yarsi Padang, dengan menggunakan kuisioner yang diadopsi dari kuisioner oleh Yori Novrianto (2010), diperoleh informasi bahwa dari segi produk atau pelayanan yang di berikan kepada pasien, seperti pelayanan dokter yang memuaskan, pelayanan yang ramah dari petugas, dan obat yang selalu tersedia, diperoleh informasi bahwa 80% pasien menyatakan produk baik. Dari segi petugas 80% menyatakan SDM di Poliklinik Umum ini baik, pelayanan ramah, dan petugas rapi. Dari segi tempat, 40% menyatakan sulit menemukan saat pertama kali, karena lokasi rumah sakit yang menjorok ke dalam. Dari segi harga, 80% memiliki penilaian kurang baik tentang harga, alasannya karena tarif lebih mahal dibandingkan rumah sakit lain. Dari segi loyalitas, diketahui bahwa 60% dari 10 responden tidak ingin untuk kembali berobat dan ttidak ingin merekomendasikan kepada orang lain, dengan kata lain tidak loyal terhadap poliklinik ini. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dewi Ika Sari mengenai pengaruh persepsi pasien tentang bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di Poliklinik Rawat Jalan RS Baptis Kediri pada tahun 2009, menunjukkan bahwa responden peka terhadap tarif dan proses pelayanan, sehingga harga dan proses pelayanan memiliki pengaruh terhadap loyalitas dan berefek pada kunjungan pasien(11).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 25 Aug 2016 09:23
Last Modified: 25 Aug 2016 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15680

Actions (login required)

View Item View Item