ANALISIS DAN EVALUASI SISTEM ONLINE PAJAK DAERAH (SOPD) DI KOTA PADANG (Studi Kasus Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Padang)

DWI, AMELIA SUSILOWATI (2013) ANALISIS DAN EVALUASI SISTEM ONLINE PAJAK DAERAH (SOPD) DI KOTA PADANG (Studi Kasus Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0376.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Sistem Online Pajak Daerah (SOPD) yang telah dijalankan oleh Kota Padang pada bulan Februari tahun 2013 lalu. Selain itu juga menunjukkan kendala yang dihadapi oleh petugas pajak serta upaya atau langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah Kota Padang dalam menghadapi kendala tersebut.Objek penelitian ini adalah sistem online pajak yang sedang dijalankan oleh pemerintah Kota Padang itu sendiri mulai dari Januari hingga Mei 2013 yang lalu. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan kepustakaan dan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait. Pengolahan data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasilpenelitianmenyimpulkan bahwaPemerintah Kota Padang melalui Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset memiliki kewenangan untuk memungut pajak daerah berdasarkan UU yang berlaku. Terlihat dari Tabel 4.2 diatas bahwa pemungutan yang dilakukan belum memenuhi potensi yang tersedia sehingga dibutuhkan intensifikasi baik internal maupun eksternal dalam rangka pencapaian tujuan tersebut. Selain itu, salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah adalah dengan melakukan evolusi sistem pemungutan yang berpindaah dari sistem manual menuju sistemonline. Perubahan sistem ini pun tak luput dari kendala-kendala yang dihadappi baik internal dan eksternal. Dalam mengatasi kendala tersebut, beberapa solusi sudah direncanakan oleh fiskus, namun pelaksanaannya butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa sudah sepatutnya pemerintah Kota Padang mencari alternatif dalam menghadapi kendala dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah menggunakan sistem baru yang lebih efektif dan efisien ini. Kata kunci:Optimalisasi pemungutan;Pajak Daerah;Sistem Online Pajak Daerah;Penerimaan Daerah;kendala; dan solusi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:54
Last Modified: 24 Aug 2016 09:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15618

Actions (login required)

View Item View Item