PEMERIKSAAN KOMPONEN KIMIA FRAKSI ETIL ASETATJAHE GAJAH (Zingiber officinale Rosc.) YANG DIINDUKSI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA

MUTIA, RAHMATUL AZIZAH (2013) PEMERIKSAAN KOMPONEN KIMIA FRAKSI ETIL ASETATJAHE GAJAH (Zingiber officinale Rosc.) YANG DIINDUKSI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0375.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pemeriksaan komponen kimia tanaman jahe (Zingiber Officinale Rosc.) yang diinduksi dengan Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA). Jahe diinduksi dengan FMA saat penanaman dan tanaman kontrol tidak diinduksi dengan FMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan komponen kimia yang terdapat pada jahe induksi FMA dan jahe tanpa induksi FMA. Untuk analisa komponen kimia digunakan Gas Chromatography– Mass Spectrometry (GC-MS) Shimadzu® GC-MS QP 2010 Plus dengan kolom R+ (X) 5 ms/crossbond 5% dimethyl 95% polysiloxane, dengan kecepatan aliran 2.0mL/min dan volume injeksi 5μL. Hasil rendemen yang didapat 2,765% pada jahe induksi FMA dan 2,759% pada jahe tanpa induksi FMA. Hasil analisa dengan menggunakan GC-MS memperlihatkan bahwa komponen kimia pada jahe yang diinduksi dengan FMA dan tanpa diinduksi dengan FMA memiliki perbedaan secara kualitatif dan kuantitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:53
Last Modified: 24 Aug 2016 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item View Item