MARSISKA, JUWITA (2011) THE KABUL BEAUTY SCHOOL: DEBORAH RODRIGUEZ’S ORIENTALIST VIEW ABOUT AFGHANISTAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (SKRIPSI)
CRV0360.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Skripsi ini menganalisis pandangan penulis Deborah Rodriguez terhadap Afghanistan dalam karyanya The Kabul Beauty School. Buku ini merupakan sebuah memoar atau autobiografi yang menceritakan tentang pengalaman pribadi Rodriguez ketika berada di Afghanistan. Dalam menganalisis memoar ini, penulis menggunakan pendekatan ekspresif oleh M. H Abrams, teori ini berkaitan dengan apa yang dirasakan, dipikirkan oleh penulis, dan tentang hasil ciptaannya. Data diperoleh langsung dari memoar itu sendiri, buku-buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan teori yang akan digunakan. Dalam hal ini penulis mengaplikasikan teori Orientalisme oleh Edward Said, dengan konsep analisis berkaitan dengan strategi dari penjajah (Barat) untuk mendominasi daerah jajahannya (Timur). Setelah menganalisis memoar ini, penulis melihat Rodriguez terlalu berlebihan menilai negatif Afghanistan. Afghanistan digambarkan sebagai negara yang tidak bagus, berbahaya, tidak sehat dan lain-lain. Selain itu, di dalam memoar ini sangat jelas terlihat ketidakberdayaan wanita-wanita Afghan dalam memperoleh kebebasan dalam berkarya, memperoleh pendidikan, pernikahan yang bahagia dan hal-hal lain yang dapat merugikan perempuan saat Taliban berkuasa. Penulis menyimpulkan bahwa pandangan Rodriguez terhadap Afghanistan adalah bentuk ideologi Orientalisme barat terhadap negara dan orang timur. Kata kunci: Orientalism, Westerner, the colonized, uncivilized, and Afghan women.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 09:29 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:29 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15602 |
Actions (login required)
View Item |