PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, PEMAHAMAN PERPAJAKAN, PERAN ACCOUNT REPRESENTATIVE DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BENDAHARAWAN

REZTI, PUTRI (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, PEMAHAMAN PERPAJAKAN, PERAN ACCOUNT REPRESENTATIVE DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BENDAHARAWAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Teks)
201510301439th_tesis rezti putri 1320531026.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan tidak tercapainya target penerimaan pajak adalah masih kurangnya kepatuhan wajib pajak. Kebanyakan penelitian yang telah dilakukan cenderung hanya meneliti kepatuhan pada wajib pajak badan dan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan wajib pajak bendahara dengan menggunakan beberapa variabel bebas yang juga pernah digunakan pada penelitian sebelumnya seperti pemahaman perpajakan, peran account representative, dan sanksi pajak. Penelitian ini juga menggunakan variabel bebas karakteristik individu yang terdiri dari umur, masa kerja, tingkat pendidikan dan diklat bendaharawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu, pemahaman perpajakan, peran account representative, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak bendahara.Sampel yang digunakan adalah wajib pajak bendahara yang terdaftar di KPP Pratama Padang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah kuesioner yang disebarkan sebanyak 100 kuesioner dengan tingkat pengembalian 100%. Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi logistik dan diolah dengan program SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan karakteristik individu, pemahaman perpajakan, peran account representative, dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara parsial hanya sub variabel tingkat pendidikan, variabel pemahaman perpajakan, dan variabel peran account representative yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bendahara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:14
Last Modified: 24 Aug 2016 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15593

Actions (login required)

View Item View Item