Hubungan faktor individu dan lingkungan dengan perilaku menyalahgunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru

Usraleli, Usraleli (2015) Hubungan faktor individu dan lingkungan dengan perilaku menyalahgunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Teks)
201510301422th_isi dalam tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah penyalahguna NAPZA menurut Direktorat Pelayanan Rehabilitasi Sosial Narkoba dalam 3 tahun ini meningkat 400%. Jumlahnya 3,3 juta orang pada tahun 2008, meningkat 3,8% tahun 2011 dan 2013 mencapai 4,2 juta orang.Tahun 2015 kasus NAPZA di Riau diperkirakan akan meningkat tajam dibandingkan 2014 karena letak geografisnya dikelilingi lautan sehingga memiliki pantai yang mudah menjadi tempat lalu lintas peredaran NAPZA. Menurut (Wahyuni & Mashun, 2006 dalam BNN 2009) ada 3 penyebab seseorang menyalahgunakan NAPZA yaitu factor individu, lingkungan dan ketersediaan zat. Faktor individu yang menyebabkan penyalahgunaan NAPZA adalah keingintahuan, keinginan diterima kelompok, mengikuti kecenderungan, mencari kenikmatan, mencari perhatian dan meniru orang terkenal. Sedangkan faktor lingkungan adalah hubungan keluarga tidak harmonis, hubungan interpersonal yang buruk, orang tua/anggota keluarga juga pengguna, masyarakat kurang peduli , kurang kontrol sosial dan tekanan kelompok. Tujuan penelitian mengidentifikasi hubungan faktor individu dan lingkungan dengan perilaku menyalahgunakan NAPZA di Lapas kelas II A Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan mulai Maret sampai dengan Agustus 2015 dengan desain analitik cross secsional pada 89 orang warga binaan. Hasil penelitian menunjukkan semua faktor individu dan lingkungan mempunyai hubungan dengan perilaku menyalahgunakan NAPZA kecuali sub variabel lingkungan yaitu orang tua/anggota keluarga juga pengguna. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kegiatan pembinaan terkait faktor individu dan lingkungan di Lapas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:03
Last Modified: 24 Aug 2016 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item