PENGELOLAAN LAYANAN WEBSITE E-GOVERNMENT OLEH DISHUBKOMINFO PROVINSI BENGKULU

Jhoni, Trisno (2015) PENGELOLAAN LAYANAN WEBSITE E-GOVERNMENT OLEH DISHUBKOMINFO PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201508081442th_thesis jhoni.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembuatan situs website pemerintahan Daerah mempunyai sasaran agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh akses terhadap informasi dan layanan Pemerintahan Daerah, serta dapat ikut berpartisispasi dalam pengembangan demokrasi di Indonesia. Salah satu pemerintahan daerah yang telah membuat layanan website adalah Dians Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu. Pada observasi awal ditemukan website Dishhubkominfo Bengkulu belum dikelola dengan baik dan jumlah pengunjung website tersebut pun sedikit. Peneliti berasums i minimnya pengunjung website Dishubkominfo adalah karena belum optimal pengelolaan website Dishubkominfo tersebut. Seperti data Depdagri 2011, tidak semua situs website yang dimiliki pemerintah daerah dapat diakses dengan baik. Misalnya, berita, kurang update, akses dan loading data memakan waktu yang cukup lama. Maka masalh yang diangklat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan layanan website Dishubkominfo Provinsi Bengkulu, yang meliputi tahapan pengelolaan, fungsi dan tujuan website, pemenuhan kriteria dan standarisasi website yang ditetapkan Kementerian Kominfo dan pemahaman pengelola website Dishubkominfo mengenai konsep e-government. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan pengambilan data melalui wawancara yang mendalam, analisis kualitatif, dokuemntasi dan obs ervasi. Penelitian ini menemukan bahwa, pertama, Dishubkominfo Provinsi Bengkulu Bidang Pelayanan dan Komunikasi Informasi Publik telah melakukan sebagian tahapan pengelolaan layanan situs website, yaitu tahapan publish dan tahapan interaksi. Untuk tahapan transact belum dilakukan oleh dishubkominfo Provinsi Bengkulu. Kedua, Fungsi website yang dirumuskan oleh Dishubkominfo Provinsi Bengkulu sesuai dengan fungsi normatif yaitu; berfungsi sebagai fungsi komunikasi, informasi, entertainment. Untuk fungsi transaksi belum ada dalam website Dishubkominfo. Ketiga, Pemenuhan kreteria dan standar sudah tercapai sesuai ketentuan dari Kementerian Kemenkominfo. Keempat, Pemahaman pengelola Dishubkominfo provinsi Bengkulu tentang pengelolaan website adalah, website dilihat sebagai bagian dari sistem pemerintahan dan pelayanan situs website dianggap sebagai penyebarluasan informasi kepada publik. Maksudnya, pengelola website Dishubominfo tidak harus memahami layanan website seputar pemanfaatan teknologi komunikasi saja, melainkan lebih pada sarana pendukung pelaksanaan komunikasi antara pemerintahan dan masyarakat dalam peyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik. Kata kunci: pengelolaan layanan website e-government, Tahapan pengelolaan website, Fungsi dan tujuan webite, kreiteria

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:02
Last Modified: 24 Aug 2016 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item