FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIULAK GEDANG KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI TAHUN 2015

PUJI, HADIANTI AF (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PEMANFAATAN JAMBAN KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIULAK GEDANG KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201508050925th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian Wilayah Kerja Puskesmas Perawatan Siulak Gedang merupakan jumlah KK yang paling rendah memiliki dan memanfaatkan jamban keluarga yaitu sebanyak 37,99%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan jamban keluarga di wilayah kerja Puskesmas Siulak Gedang Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi tahun 2015. Metode Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April – Juli di Wilayah Kerja Puskesmas Siulak Gedang Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Data dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder.Sampel dalam penelitian ini adalah 90 responden,pengambilan sampel dengan Multistage Random Sampling, menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisa secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil Hasil penelitiandidapatkanresponden tidak memanfaatkan jamban keluarga (58,9%), tingkat pendidikan rendah (75,6%), tingkat pengetahuan kurang (60,0%), sikap negatif (47,8%), petugas kesehatan tidak berperan (86,7%). Dari hasil uji statistik didapatkan faktor yang memiliki hubungan bermakna dengan pemanfaatan jamban keluarga dimana nilai p value < 0,05 yaitu tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap, sedangkan faktor yang tidak memiliki hubungan bermakna dengan pemanfaatan jamban keluarga dimana nilai p value > 0,05 yaitu peranan petugas kesehatan. Kesimpulan Sebagian besar kepala keluarga tidak memanfaatkan jamban keluarga. Untuk megantisipasi hal diatas perlu dilakukan himbauan kepada semua masyarakat untuk selalu memanfaatkan jamban, dan disarankan kepada pihak puskesmas untuk meningkatkan penyuluhan mengenai pemanfaatan jamban dan memicu masyarakat untuk selalu memanfaatkan jamban. Daftar Pustaka : 24 (2005 – 2014) Kata Kunci : jamban keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:23
Last Modified: 24 Aug 2016 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item View Item