EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PENYULUHAN DALAM PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI/KRPL (Kasus Kelompok Wanita Tani di Kota Padang)

Musrizal, Musrizal (2016) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PENYULUHAN DALAM PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI/KRPL (Kasus Kelompok Wanita Tani di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1-Abstrak.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2- BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
3-BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4-Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5-Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi memegang kunci penting dalam kegiatan penyuluhan program KRPL. Komunikasi dapat menentukan efektivitas kegiatan penyuluhan dan merupakan alat yang digunakan dalam proses kegiatan penyuluhan. Untuk terjadinya perubahan dan pembaharuan dalam kelompok wanita tani diperlukan komunikasi yang efektif antara penyuluh dengan wanita tani sehingga dengan komunikasi efektif, wanita tani akan mendapatkan informasi-informasi penting tentang kegiatan program KRPL. Dalam hal ini, perlu dilakukan suatu kajian dan analisis untuk mengetahui apakah proses komunikasi yang terjadi antara penyuluh (sumber pesan) dengan kelompok wanita tani (penerima pesan) mampu menghasilkan perubahan dalam tataran pengertian, kesenangan, mempengaruhi sikap, hubungan sosial yang baik dan tindakan pada peserta program KRPL tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis karakteristik individu, faktor eksternal wanita tani dan efektivitas komunikasi dalam program KRPL, dan menganalisis hubungan umur, tingkat pendidikan, luas lahan pekarangan, konsumsi media dan frekuensi mengikuti penyuluhan dengan efektivitas komunikasi dalam program KRPL. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi anggota 28 kelompok wanita tani sebanyak 821 orang di Kota Padang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sampel 90 orang anggota kelompok wanita tani. Menentukan jumlah sampel per kelompok wanita tani dengan menggunakan Simple Random Sampling, dan untuk memilih sampel per masing-masing kelompok wanita tani menggunakan Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab melalui kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi chi-square, yaitu uji korelasi yang berguna untuk melihat hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian diketahui bahwa efektivitas komunikasi penyuluhan dalam program KRPL di Kota Padang tergolong efektif. Variabel karakteristik individu dan faktor eksternal wanita tani (umur, tingkat pendidikan, luas lahan pekarangan, konsumsi media dan frekuensi mengikuti penyuluhan) berhubungan signifikan dengan efektivitas komunikasi dalam program KRPL. Kata Kunci : Efektivitas komunikasi, Karakteristik Individu dan Faktor Eksternal Wanita Tani, Program KRPL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:52
Last Modified: 29 Aug 2016 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item View Item