PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN

Gema, Adhyaksa Putra (2016) PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak Jilid.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan adalah hak dasar setiap individu dan semua warga Negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk masyarakat miskin. Konstitusi Negara dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang system Jaminan Sosial Nasional mengamanatkan untuk memberikan perlindungan bagi fakir miskin, anakdan orang terlantarserta orang tidak mampu yang pembiayaan kesehatannya dijamin oleh pemerintah. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang telah dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS yang merupakan transformasi dari empat Badan Usaha Milik Negara (Askes, ASABRI, Jamsostek dan Taspen). Kebijakan tersebut di terapkan di Provinsi Sumatera Barat, dan tidak semua Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat mengikuti kebijakan tersebut, karena ada beberapa Kabupaten/Kota mempunyai jaminan kesehatan yang berbeda dengan kebijakan yang diterapkan di Provinsi. Permasalahan pada skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan program jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat kecamatan padang timur kota padang dikaitkan dengan Undang-Undang No. 24 tahun 2011 tentang (BPJS) dan apa kendala yang dihadapi oleh masyarakat terkait dengan pelayanan di Puskesmas Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis dengan lokasi penelitian pada Puskesmas Kecamatan Padang Timur. Hasil penelitian di dapat pelaksanaan sosialisasi prosedur pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat pada masyarakat dan pasien Puskesmas Kecamatan Padang Timur, sosialisasi BPJS dilakukan pihak puskesmas saat pasien berkunjung kepuskesmas. bentuk sosialisasi BPJS berupa penyuluhan, poster yang dipasang di dinding ruang tunggu. Hasil observasi menunjukkan bahwa sosialisasi dilakukan namun pasien yang dating tidak banyak. Sedangkan poster-poster tentang BPJS tidak mencakup jenis pelayanan yang ditanggung BPJS, selanjutnya dapat dilihat pada pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar pada Puskesmas Kecamatan Padang Timur Kota Padang, pelayanan kesehatan dasar pada pasien sudah terlaksana dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan pasien umumnya menggunakan fasilitas kesehatan dimana mereka terdaftar sebagai peserta BPJS. Namun ada juga pasien yang tidak terdaftar di puskesmas tersebut namun tetap dilayani karena baru kunjungan pertama, jika pasien kunjungan kedua ia akan ditolak puskesma. Kendala Yang Dihadapia dalah kurangnya sosialisasi dari BPJS Kesehatan mengenai hak dan kewajiban peserta, masih kurangnya tingkat pendidikan keluarga pasien dalam hal persyaratan dan tata cara penggunaan Badan Penyelenggara JaminanSosial (BPJS) kesehatan, Adanya peserta yang berobat lintas faskes, masyarakat kurang mempedulikan adanya sosialisasi program BPJS, belum singkronnya aspek teknis dalam pelayanan di lapangan dan masyarakat terlalu menganggap mudah program BPJS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:12
Last Modified: 26 Aug 2016 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item