MIA, SAFITRI (2013) E-TICKETING PADA PT. CAHAYA CRYSTAL KEMILAU TOURS AND TRAVEL BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Tugas Akhir Fulltext)
2208201620.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
Abstract
Pada awalnya penerapan pembelian tiket secara online muncul sekitar tahun 1998 hanya mencapai satu persen lalu naik menjadi dua persen pada tahun 1999 selanjutnya terus meningkat dari tahun ketahun. E-ticket sebenarnya berisi informasi yang sama dengan yang termuat dalam paper ticket. Perbedaan utamanya adalah database e-ticket terletak di komputer perusahaan penerbangan, bukan di kantong penumpang. Reservasi penumpang seperti informasi waktu keberangkatan, bandara asal dan tujuan, pilihan tempat duduk serta pilihan kelas semua tercatat secara elektronik. Di counter check in penumpang tinggal menunjukkan tanda pengenal diri (ID card) yang digunakan saat melakukan pemesanan e-ticket, ketika petugas airline sudah mengkonfirmasi pemesanan ini, mereka lalu mengeluarkan boarding pass dan penumpang tinggal menunggu sebelum naik ke pesawat. Di beberapa bandara international, airline bahkan tidak menyediakan petugas khusus, tapi hanya mesin tiket (self-serve kiosk), dimana penumpang dapat memasukkan kode booking serta tanda pengenal untuk mendapatkan boarding pass. Perusahaan penerbangan perlu memiliki database untuk mengeluarkan e-ticket yang terintegrasi dengan partnernya, antara lain: bandara, travel agent, bank, untuk menyajikan informasi secara real time. Sehubung dengan maraknya pembelian tiket online pada saat ini, maka penulis tertarik untuk membahas masalah tersebut dengan judul: “E-ticketing Pada PT. Cahaya Crystal Kemilau Tours and travel”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran |
Depositing User: | ms Meiriza Paramita |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:57 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15544 |
Actions (login required)
View Item |